Polri Akan Kirim 150 Personel Lagi ke Darfur

Menggantikan kontingen pasukan yang sebelumnya bertugas di sana.

Dalam rangka membantu perdamaian PBB di Darfur, Sudan, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan menambah pasukan untuk ditugaskan di sana.

"Ini misi perdamaian yang kita laksanakan untuk UNAMID (United Nations-African Union Mission in Darfur) mulai tahun 2008 dan untuk 2013 nanti akan ada tambahan 150 personel," kata Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Timur Pradopo di Jakarta, Senin (26/11), seusai menerima 130 personel Polri usai bertugas di Darfur.

Pasukan yang akan dikirim ke negara yang sedang berkonflik itu ditugaskan untuk menggantikan kontingen pasukan yang sebelumnya bertugas disana. Keseluruhan personel akan digabung dalam satuan bernama Formed Police Unit (FPU).

Hingga kini, sudah 140 personel Polri yang tergabung dalam FPU Indonesia 5 Garuda Bhayangkara 2012 dikirim ke Darfur, Sudan untuk misi perdamaian PBB tahun ini.

Pengiriman pasukan ini dilakukan untuk membantu mencegah meluasnya konflik bersenjata dan menciptakan perdamaian di Sudan Selatan pascareferendum di negara tersebut.

Sudan Selatan resmi merdeka pada 9 Juli 2011. Sudan Selatan resmi menjadi negara termuda di dunia setelah ketua parlemen membacakan proklamasi kemerdekaan dalam upacara yang digelar di Juba.
http://www.beritasatu.com

Labels: ,