12 Kepala Negara Datang, Nusa Dua Bagaikan Medan Perang


12 kepala negara datang di Nusa Dua Bali untuk menghadiri Bali Democracy Forum (BDF) yang ke-5 pada 8-9 November membuat suasana di kawasan wisata ini seperti medan perang.

Mulai patung Ngurah Rai di Jalan By Pass, penjagaan sudah terlihat dengan ditempatkannya personel TNI dan Polri di pinggir jalan setiap 10 meter. Memasuki pintu masuk kawasan Nusa Dua, personel gabungan TNI dan Polri sudah stand by di perempatan jalan dan memeriksa setiap pengendara mobil maupun motor yang hendak memasuki kawasan tersebut.

Setelah melewati pengamanan lapis pertama, selanjutnya setiap kendaraan sepeda motor dan mobil harus di-screening oleh alat khusus tim Gegana diantaranya kamera untuk merekam setiap kendaraan yang masuk.
Jika di darat, ribuan personel TNI dan Polri bersiaga di sekitar kawasan Nusa Dua, di udara pun tampak helikopter TNI yang "wara-wiri" di atas lokasi penyelenggaraan BDF. Sementara di Pelabuhan juga bersandar sejumlah kapal perang milik TNI untuk mengamankan wilayah laut.

"Kawasan Nusa Dua akan sedikit terganggu kenyamanannya, untuk itu kami mohon dukungannya," ujar Kapolda Bali Irjen Pol Budi Gunawan di Nusa Dua, Bali, Senin lalu usai gelar pasukan.
Selain Perdana Menteri Australia Julian Gillard, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad juga dijadwalkan menghadiri even tahunan ini. kompas.com

Labels: