TNI AL dan AL India Latihan Bersama di Bali

TNI AL akan melakukan latihan bersama dengan personil  AL India yang tiba di Benoa Bali dengan menggunakan Kapal Layar Pelatihan Indian Navy Ship(INS) Sudharsini. Latihan bersama di Bali ini mengenai pelatihan bahari, navigasi dan komunikasi.

Ini bukan latihan perang.Tapi nanti akan dilakukan latihan bahari, navigasi dan komunikasi antara Angkatan Laut kedua negara,” kata Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P),I Wayan Suarjaya, saat menyambut kedatangan kapal dan personinya, Sabtu (27/10).

Kapal INS Sudarsini yang tiba di Benoa Bali pukul 09.00 WITA, membawa 73 awak yang terdiri dari 32 pelaut, 34 kadet, dan tujuh orang perwira itu sebelumnya telah bersandar di Kota Padang, Sumatera Barat, selama dua hari pada 12-14 Oktober 2012.

“Mereka melaksanakan laihan pada para tarunanya, ini adalah pelayaran terakhir yang akan jadi perwira. Pelayaran dari Padang, kemudian ke Bali, dan singgah di Menado lalu kembali ke India,” tambah Kolonel Suarjaya.

“Pada kolaborasi dengan kapal ini, ada 2 perwira kita yang on boat dari Pangkalan di Padang hingga Bali. 2 Perwira itu akan melanjutkan pelajaran ke Surabaya,”  imbuhnya.

Ditegaskan bahwa kehadiran Kapal Pelatihan INS Sudharsini ini tidak membawa misi khusus.  Mereka hanya  ingin melatih para perwiranya dengan berlayar di rute yang dulu dilalui nenek moyangnya saat berdagang ke perairan Asia Tenggara. Jarak tempuh 12.217 mil selama 6 bulan yang akan berakhir Maret 2013 dengan mengunjungi 9 negara termasuk 13 pelabuhannya.

Selama di Bali dari 27-30 Oktober 2012, disamping mengadakan latihan bersama dengan TNI AL, juga akan menghadiri seminar akademik di Unud Denpasar. Setelah itu, mereka melakukan perjalanan ke Menado 10-13 Oktober 2012 dan dilanjutkan kembali ke India. jeringnews.com

Labels: ,