Satgas Konga XX-J/Monusco Rayakan HUT TNI

Sebagai bagian dari TNI Satgas Konga XX-J/Monusco yang akan diberangkatkan ke Kongo, para peace keepers juga melaksanakan persiapan dalam rangka memeriahkan HUT TNI KE 67. Kegiatan yang dilaksanakan adalah melaksanakan Defile yang dilaksanakan di sela-sela waktu pasukan ini melaksanakan Pre Deployment training. Walaupun dihadapkan dengan padatnya kegiatan pada masa penyiapan kemampuan, gladi defile tetap dilakukan oleh seluruh anggota Satgas dipimpin oleh Mayor Czi Irfan sidiq selaku dansatgas serta Kapten Czi Adi Ilham selaku Wadansatgas.


Tidak seperti defile yang dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya oleh Kontingen Garuda, pada kegiatan HUT kali ini pasukan Garuda tidak mengenakan seragam kebanggaan pasukan Garuda yaitu loreng gurun. Yang dikenakan pasukan Garuda yang akan berangkat ke Kongo maupun Haiti tetap menggunakan loreng TNI biasa dengan baret biru ditambah badge merah putih dan PBB di kiri kanan lengan. Namun demikian seluruh kontingen tetap bersemangat terbukti dengan kesungguhan, keseriusan dan semangat yang ditunjukkan oleh pasukan walaupun didera teriknya matahari yang menyengat. Batalyon upacara kontingen Garuda sebanyak 248 orang terdiri dari Satgas Konga XX-J/Monusco Kongo dan Satgas Konga XXXII-B/Minustah Haiti dipimpin Letkol Czi Irfan Siddiq.



Gladi Parade dan defile ini berlangsung mulai tanggal 1 Oktober 2012 sampai dengan berlangsungnya HUT TNI ke 67. Turut serta dalam gladi tersebut brigade upacara dari angkatan darat, laut dan udara maupun Taruna Akademi TNI. Selain itu ditampilkan demo dan atraksi darat maupun udara mulai dari seni beladiri Yong Moo Do, Senam Balok, Kolone Senapan dan senam perahu LCR. Pada demo udara menampilkan terjun payung free fall oleh puluhan peterjun dari tiga angkatan, terjun statik oleh Yonif 328 sebayak 600-an peterjun serta demo aerobatik Pegasus Team dan Jupiter Team. Pegasus team dengan helicopter Colibri menampilkan atraksi hovering maupun manuver –manuver tajam heli. Sedangkan Jupiter Team menampilkan atraksi pesawat KT-1B dengan formasi diamond, Bom burst maupun double inverted serta atraksi lainnya yang membutuhkan keterampilan tinggi dan mendebarkan.

Labels: