Rompi Standar NATO, Kebal Peluru 5,56 mm



Sekuat apa Rompi SAKTI milik TNI jika ditembak? Rompi ini disebut dapat menahan tembakan dari peluru berjenis 5,56 milimeter. Rompi ini juga diklaim telah sesuai dengan standar Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Jubah zirah SAKTI tentara yang didesain oleh Kasi 2 Brigif Linud 17/ Kostrad Mayor (Inf) Agus Harimurti Yudhoyono bersama rekan-rekannya ini memiliki dua bagian. Setiap rompi antipeluru mewakili tugas setiap anggota pasukan yang terlibat dalam operasi lapangan.

"Setiap rompi mewakili tugas yang dipakai oleh pasukan yang ada di lapangan," ujar Agus saat berbincang dengan detikcom saat mempersiapkan Pameran Alutsista dalam rangka HUT ke-67 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (4/10/2012).

Terdapat beberapa kantong taktis yang dipergunakan untuk perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan misi. Agus menyebutkan bahwa rompi Sistem Angkut Kelengkapan Tempur Individu (SAKTI) terbagi atas dua bagian yaitu Rompi Angkut Sakti (RAS) dan Rompi Balistik Sakti (RBS). RBS terletak di bagian dalam sedangkan RAS terletak di bagian luar untuk mengangkut peralatan.

"Rompi ini berfungsi untuk mengangkut peralatan tempur seperti kantong magasin, P3K, radio," kata Agus.

Rompi antipeluru ini juga diklaim telah memiliki standard NATO dan dapat menahan tembakan dari peluru 5,56 milimeter. RBS memiliki berat 3 Kg dan Rompi angkut 2 Kg.

"Rompi telah diujicobakan dan dapat digunakan untuk berlari, merayap, dan berguling," terangnya.

Bahkan untuk memasangkan dan melepaskan rompi ini hanya membutuhkan waktu di bawah 30 detik. Menurut Agus, jika rompi ini ditarik, maka benang-benangnya dapat menahan tarikan hingga di atas 200 Kg.

Agus bersama rekan-rekannya mengakui hendak melakukan perubahan dan modernisasi di tubuh TNI, selain dukungan KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang meminta untuk dilakukan modernisasi kelengkapan prajurit tempur lintas udara.

“Kebetulan waktu itu kami yang mengawaki dan mendapatkan angin segar dan kesempatan yang luar biasa untuk berbuat sesuatu,” ucap pria alumni John F. Kennedy School of Government, Universitas Harvard ini.

Rompi SAKTI ini dipamerkan di Pameran Alutsista dalam rangka HUT TNI ke-67 di stan Kostrad, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, yang akan dibuka pada Sabtu (6/10/2012) besok.
detik.com