Kapal Perang AS USS Cowpens Berlabuh di Tanjung Priok


Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat USS Cowpens (CG-63) tiba di dermaga 103 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Ahad (7/10). Kedatangan kapal disambut dengan upacara militer dari Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal ) III.

Kapal perang USS Cowpens mempunyai panjang 173 meter, lebar 16,8 meter dengan bobot 9.600 ton. Kapal ini dibawa Kapten Thomas C. Disy beserta 400 ABK di antaranya 33 perwira.

"Kedatangan kapal yang berpangkalan di Yokusoda, Jepang ke Indonesia ini dalam rangka hubungan persahabatan serta untuk lebih mempererat kerjasama antara Angakatan Laut Amerika Serikat (US Navy) dengan TNI Angkatan Laut," ujar Kabagpen Lantamal III Mayor Laut Agus Susilo Kaeri dalam siaran pers yang diterima di Jakarta.

Agus menerangkan, kapal perang yang dapat melaju dengan kecepatan 32 knot ini dilengkapi pula dengan helikopter. Selain itu, kapal ini juga memiliki persenjataan cukup lengkap antara lain memiliki RGM-84 Harpoon Missile, Torpedo Tube MK 32, Phalanx CIWS Blok 1B, meriam caliber 12,7 mm dan 25 mm mk 38 serta Tomhawk BGM-109 dan ASROC Rum-139A.

Selama di Jakarta, selain kunjungan kehormatan ke pejabat TNI AL, kapal perang ini akan melaksanakan kegiatan santai olah raga bersama yang diisi dengan pertandingan sepak bola dan bola volley dengan parajurit Lantamal III.
http://www.metrotvnews.com

Labels: