Bupati Tapsel Lepas Satgas Yonif 123 Rajawali ke Perbatasan RI-Malaysia

 
Padangsidimpuan. Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Syahrul M Pasaribu melepas keberangkatan prajurit yonif 123 Rajawali keperbatasan RI-Malaysia di Kalimantan melalui satu upacara dilapangan yonif 123 Rajawali, Kota Padangsidimpuan, kemarin.
Dalam sambutannya Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu mengatakan, suatu kebanggaan dan kebahagiaan diamanahkan menjadi Iruf dalam upacara pelepasan prajurut yonif 123 TS ke Kalimantan.

"Mungkin saja keberangkatan ini sifatnya tradisi sehingga yang dituakan didaulat melepas para perajurit ini," katanya. Syahrul menghimbau, agar para prajurit mampu mengingat amanat Panglima TNI Laksamana TNI Suhartono Pada Upacara Hut TNI Ke 67 lalu, yang menekankan agar para prajurit selalu mencermati kecenderungan perkembangan lingkungan strategis global, regional dan nasional.

"Ada beberapa ancaman yang membentang dihadapan kita diantaranya, terorisme, separatisme, komplik horizontal, pelanggaran wilayah perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, bencana alam, kelangkaan energi serta kegiatan ilegal. Untuk menyikapi ancaman itu, TNI senantiasa harus membangun mekanisme kerja dengan meningkatkan kualitas diri, kemampuan dan kekuatan untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

TNI bersama dengan segenap komponen Bangsa harus membulatkan tekad untuk menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI yang dilandasi propesionalisme prajurit, semangat juang yang tinggi dan solidaritas," imbuhnya.

Diharapkannya, para prajurit dapat berangkat dilandasi niat yang tulus hanya semata-mata pengabdian terhadap bangsa dan negara.

"Tidak dapat dipungkiri para prajurit juga memiliki keluarga, anak dan istri yang mau tidak mau harus ditinggalkan namun jangan hal itu menjadi beban mental bagi saudara-saudara, karena bila masih ada rasa was-was terhadap keluarga yang ditingggalkan akan sangat berpengaruh terhadap keberadaan dan konsentrasi ditempat penugasan. Serahkan sepenuhnya pengawasannya kepada institusi TNI. Yakinlah, pengorbanan yang saudara lakukan, akan menjadi catatan ibadah disisi Tuhan Yang Maha Esa, karena tugas yang saudara emban adalah tugas Negara dan demi kejayaan Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini," katanya.

Danyon 123 Rajawali Letkol Inf. David M. Hasibuan mengatakan, jumlah yang ditugaskan sebanyak 650 orang. Mereka nantinya akan ditempatkan di 33 Pos dengan 4 Posgab selama 6 bulan.

Sementara itu, Danrem Kawal Samudra Kolonel Andika Perkasa Se. Msi, Mm, Phd mengungkapkan, bagi seorang prajurit keberangkatan ke tempat tugas dimanapun ditugaskan harus tetap siap.

"Oleh karena itu keluarga harus merelakannya dengan ikhlas, agar semuanya berjalan sukses," katanya.

Turut hadir, Wakil Bupati Tapsel H. Aldiz Rapolo Siregar, Ketua DPRD Tapsel Rahmat Nasution, Dandim 0212 TS, Letkol Inf. Edi Hartono, Danyon 123 Rajawali, mewakili unsur pimpinan se-Tabagsel, Polres dan jajaran Kodim 0212 TS serta keluarga parjurit.
 
http://www.analisadaily.com

Labels: