Bela Diri Yong Moo Do Konga XX-J/Monusco Pukau Force Commander Dalam Latihan Pra Tugas


Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas MONUSCO (Mission de L’Organization des Nation Unies pour  La Stabilisation en Republic Democratique du Congo, khususnya Satgas Garuda Indo Eng Coy (Indonesian Engineer Company) XX-J, mempertontonkan seni beladiri tangan kosong, Yong Moo Do, di Congo.

Mereka mementaskan beladiri tersebut pada acara Medal Parade Tahun 2012, yang sekaligus ingin menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai beladiri yang tidak kalah dengan beladiri dari negara-negara lain. Namun demikian peristiwa ini adalah bagian dari simulasi maupun latihan aplikasi Pre Deployment Training yang diadakan di PMPP dalam rangka menyiapkan Satgas Konga XX-J/MONUSCO dalam penugasan bertempat di lokasi seven in one PMPP Sentul, Jum’at (21/09/2012).

Untuk memeriahkan acara ini, Satgas Garuda Indo Eng Coy (Indonesian Engineer Company) XX-J menampilkan pertunjukan beladiri Yong Moo Do yang dibarengi dengan pertunjukan Debus. Personel yang melaksanakan pertujukan beladiri Yong Moo Do ini terdiri dari 6 satgas Garuda Indo Eng Coy (Indonesian Engineer Company) XX-J, yaitu Sertu Dalyadi, Sertu Aswan, Pratu Siahaan, Pratu Siotasari, Pratu Zulfadli dan Pratu Erik.

Pertujukan Yong Moo Do kali ini menampilkan kemampuan perkelahian perorangan tangan kosong yang berisi kuncian-kuncian dan bantingan mematikan serta pemecahan benda-benda keras, diawali dengan pematahan gagang pompa dilanjutkan dengan pematahan beton dengan satu tangan, dan diakhiri pematahan kikir dengan satu jari. Penonton dibuat berdecak kagum dan setengah tidak percaya, kikir yang merupakan benda keras bisa dipatahkan hanya dengan satu jari. Yong Moo Do adalah Bela diri wajib bagi personel TNI AD yang berasal dari Korea yang telah memasyarakat di kalangan prajurit, mulai diperkenalkan tahun 2010. Kemampuan petarung Yong Moo Do di dapatkan dari latihan yang keras dan terus menerus dengan bimbingan yang melekat dari pelatih dalam hal ini para Bintara Pelatih di satuan Yon Zipur 9 sebagai main body Satgas.

Acara medal parade kontingen Garuda kali ini dihadiri langsung oleh Force Commander and Head of Mission (FC and HoM) MONUSCO Maj Gen Babacargaye selaku inspektur upacara yang diperankan oleh Mayor Czi Zulhadrie dan Force Engineers Ltc Suining diperankan kapten Czi Luqman Nur Hakim. Dalam amanatnya, dia menyampaikan rasa terima kasih atas konsistensi kontingen Garuda dalam melaksanakan mandat PBB sesuai dengan Resolusi 1925.

Acara Simulasi medal parade kontingen Garuda Satgas MONUSCO tahun 2012 diakhiri dengan kegiatan defile pasukan upacara, dan dilanjutkan dengan penyematan medali kepada seluruh kontingen Garuda yang hadir di lapangan upacara. Hampir seluruh undangan menyatakan apresiasi yang luar biasa khususnya terhadap pelaksanaan medal parade yang sukses, serta penghargaan atas pengabdian yang telah diberikan oleh kontingen Garuda selama berada di Congo. (Papen Satgas Konga XX-J/MONUSCO Mayor Chb Hendro Kustanto/ Dispenad).

http://tniad.mil.id

Labels: