Angkatan Laut AS Ciptakan Robot MacGyver


Angkatan Laut AS memberikan dana $900.000 untuk penelitian. Tim peneliti AS membuat sebuah robot yang dapat berpikir seperti Mac Gyver. Robot ini harus bisa menyelesaikan masalah atau lolos dari maut dengan menggunakan benda-benda sehari-hari.

Mesin yang dinamakan MacGyver Bot, diambil dari karakter televisi era 80-an yang mampu merangkai berbagai benda untuk keluar dari berbagai situasi berbahaya.

Tantangannya adalah mengembangkan piranti lunak yang mengerti obyek apa yang ada untuk menyimpulkan cara pemakaiannya.

Angkatan Laut AS membiayai proyek itu dan mengatakan mesin itu kelak dapat bekerja sama dengan manusia.

AL mengucurkan dana $900.000 (Rp8,5 miliar) untuk penelitian robot di Georgia Institute of Technology untuk melaksanakan pekerjaan itu.

"Tujuan kami adalah membangun robot yang berperilaku seperti MacGyver, karakter televisi yang dapat memecahkan masalah kompleks dan lolos dari situasi berbahaya dengan menggunakan obyek-obyek sehari-hari dan material yang ia temukan," kata pemimpin proyek Prof. Mike Stilman.

"Para peneliti dalam bidang perencanaan gerakan robot secara tradisional menggunakan sistem visi komputerisasi untuk mencari obyek di lingkungan yang berantakan dan merencanakan jalur melarikan diri bebas benturan, tetapi sistem ini belum memberikan informasi apa pun mengenai fungsi obyek."

Stilman mengatakan ia berencana menciptakan piranti lunak yang dapat mengidentifikasi obyek, kemudian menentukan hal potensial apa yang dapat dilakukan sebelum mengubahnya menjadi "mesin sederhana" yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sebuah tindakan.

Contoh yang diberikan meliputi menumpuk kotak untuk memanjat, membangun jembatan dari puing atau memanjat kursi untuk meraih obyek yang sulit diraih.

Di akhir proyek, piranti lunak itu harus dapat mengombinasikan berbagai tugas yang dibutuhkan.

Robot ini diilhami oleh tokoh televisi MacGyver yang diperankan oleh Richard Dean Anderson.

http://news.detik.com

Labels: