5 Ambulance Perkuat Kekuatan Militer TNI AD di Perbatasan


Kekuatan militer Indonesia di perbatasan akan meningkat. Pasalnya, TNI AD mendapatkan suntikan armada baru. BNI dan Paguyuban Sekata untuk Kemanusiaan memberikan bantuan 5 unit mobil ambulance.

"Total bantuan 5 unit, 3 unit dari BNI dan 2 unit dari Paguyuban Sekata untuk Kemanusiaan," ujar KSAD Jenderal Pramono Edhie Wibowo usai acara penyerahan bantuan kendaraan di Mabes TNI AD, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (22/10/2012).

Kelima mobil itu dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti lemari obat, gantungan infus, breket botol oksigen juga wastafel. Selain perlengkapan kesehatan standar, ambulance ini juga dilengkapi dengan meja, kursi, tenda lipat lapangan, alat pemadam kebakaran dan juga lampu tembak untuk operasi.

"Nantinya dokter yang bertugas dapat langsung melakukan perawatan," ujar Pramono.

Rencananya kelima mobil ini akan ditempatkan di 3 lokasi perbatasan. Di perbatasan Malaysia 2 unit, perbatasan Papua Nugini 2 unit dan perbatasan Timor Leste 1 unit.

Menurut Pramono, kebutuhan ambulance sebenarnya sangat banyak. Dilihat dari kondisi perbatasan yang aksesnya jauh dari kota dan minimnya bantuan medis di lokasi.

"Terimakasih kepada BNI dan Paguyuban Sekata untuk Kemanusiaan. Ini sangat membantu," tandas Pramono.

www.detik.com