TNI AD Peringati G 30 S PKI di Lubang Buaya


Memperingati peristiwa Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G-30S/PKI), TNI Angkatan Darat gelar doa bersama di Monumen Pancasila Sakti atau yang lebih dikenal dengan Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (30/10/2012). Acara ini rutin dilakukan setiap tahun dalam memperingati pemberontakan yang pernah dilakukan oleh PKI.

Wakil Kepala Staf Angkatan Darat, Letnan Jendral Budiman yang hadir dalam kesempatan itu mengatakan, prosesi acara itu untuk memperingati 7 pahlawan revolusi yang gugur dalam pemberontakan PKI. "Kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, mengenang jasa-jasa almarhum (pahlawan revolusi) dalam menjaga Pancasila kita sebagai ideologi bangsa dan negara," kata Budiman, di Lubang Buaya, Minggu (30/9/2012) malam.

Sementara itu, pada acara itu, hadir pula salah satu putra pahlawan revolusi, Letjen (Purn) Agus Widjojo, yang merupakan anak dari Mayjen (Purn) Sutoyo. Menurutnya, G-30S/PKI pelajaran sejarah dari pengorbanan para pahlawan revolusi.
"Peristiwa ini suatu pelajaran sejarah, kita pahami tidak ada suatu kondisi ideal dimana suatu ideologi tidak pernah mengalami tantangan," ujar Agus.

Tujuh anggota TNI AD dibunuh di tempat tersebut. Ketujuhnya adalah Jendral TNI Anumerta Achmad Yani, Letjen Anumerta S. Parman, Letjen Anumerta Suprapto, Letjen Anumerta M.T. Haryono, Mayor Jendral Anumerta Donald Isac Panjaitan, Mayjen TNI Anumerta Sutoyo Siwomiharjo, dan Kapten Piere Andreas Tendean. 

http://megapolitan.kompas.com/read/2012/09/30/22485515/TNI.AD.Peringati.G.30.S.PKI.di.Lubang.Buaya

Labels: