HUT TNI, Kodam III Siliwangi bersih-bersih Kali Cidurian

 
Dalam rangka HUT TNI ke-67, 1060 anggota Kodam III Siliwangi, Bandung melakukan bersih-bersih di sungai Cidurian, Kecamatan Antapani, Kelurahan Babakan Surabaya, Bandung. Ribuan tentara tersebut turun ke sungai dan langsung memunguti sampah yang mengendap di setiap sudutnya.

Selain TNI, sebanyak 200 warga sekitar juga ikut bersih-bersih dan elemen masyarakat lainnya. Upaya bersih-bersih yang dilakukan sekitar pukul 08.00 WIB itu baru selesai 3 jam berikutnya. Hasilnya didapat sampah yang langsung diangkut dengan enam truk pengangkut dari Dinas Kebersihan Kota Bandung.

Koordinator Kodam 0618/ BS, Kapten Invantri Dadang J mengatakan, upaya pembersihan ini dilakukan dalam memperingati HUT TNI ke-67. Menyadari Bandung yang juga memasuki usianya ke-202 masih dililit masalah krusial seperti sampah, hingga akhirnya Kodim memutuskan untuk terjun langsung membersihkan sungai.

"Sepanjang 3 kilometer kami bersihkan, ini kami anggap paling parah karena memang lokasinya yang juga dekat pasar, sehingga orang membuang sampah seenaknya," katanya kepada merdeka.com, di lokasi, Jumat (28/9).

Acara bersih-bersih sampah juga dihadiri Wali kota Bandung, Dadang Rosada. Selain itu penanaman pohon di sekitar juga dilakukan di pinggiran sungai. Hal itu dilakukan untuk lebih menyejukan sekitaran sungai yang memang cukup gersang.

Selain itu pemerintah kota juga kembali mencanangkan wacana awal Sungai Cidurian untuk menjadikan kawasan wisata.

Dadang berharap, upaya bersih-bersih yang dilakukan bisa ditindak lanjuti warga sekitar untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai. Sebab jika itu masih dilakukan, sungai kembali kotor dan menyebabkan kebanjiran.

"Kami harap warga memiliki kesadaran tinggi. Jangan lagi-lagi buang sampah, Karena sungai yang kotor itukan sumber penyakit juga," jelasnya.

http://www.merdeka.com/peristiwa/hut-tni-kodim-iii-siliwangi-bersih-bersih-kali-cidurian.html

Labels: