Baru Sebulan Diluncurkan KRI Klewang Ludes Terbakar


Satu bulan lalu, TNI Angkatan Laut meluncurkan kapal cepat rudal (KCR) trimaran siluman, yang dilengkapi dengan teknologi canggih bernama KRI Klewang.
Namun nasib KRI Klewang kini hanya tinggal cerita. Pasalnya kapal yang dilengkapi rudal dengan jarak tembak lebih dari seratus kilometer.

terbakar di Pangkalan AL Banyuwangi sekitar pukul 15.15 WIB, Jumat (28/9/2012).
Warga yang mengetahui kebakaran itu berjubel di pinggir dermaga untuk menyaksikan terbakarnya kapal super cepat tersebut.

Warga kian penasaran setelah melihatnya asap yang kian membumbung tinggi.
1 Unit kapal PMK dan perahu karet milik TNI AL serta mobil PMK berupaya memadamkan api.
Petugas masih berusaha memadamkan api.

kita Ketahui KRI Klewang 625 bernilai Rp 114 miliar itu baru rampung sekitar 90 persen. Setelah berhasil diluncurkan di Pantai Cacalan, pekerjaan akhir akan dilakukan di dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi.

Saat peluncuran bulan lalu, peralatan persenjataan modern kapal itu belum terpasang.
Pengadaan KRI Klewang menggunakan APBN 2009 yang dilaksanakan Dinas Pengadaan Mabes TNI AL dan dibangun PT Lundin Industry Invest Banyuwangi. Kontrak pengadaan dilakukan pada 2009, sedangkan pekerjaan konstruksi kapal itu baru dilakukan mulai 2010 lalu. 

Bentuk lambung KRI Klewang yang radikal memungkinkan kapal ini dapat menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas, kapal ini dibangun dengan menggunakan material komposit serat karbon yang memanfaatkan vacuum infusion process dan resin vinylester.

Sampai berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab kebakaran

http://www.tribunnews.com/2012/09/28/baru-sebulan-diluncurkan-kri-klewang-ludes-terbakar

Labels: